HOME SINEAS KABAR



     

DIVIRGENT

Perjuangan Remaja Masa Depan Menentang Penyeragaman
Produksi : Summit Entertainment
Sutradara : Neil Burger
Para Pemain: Shailene Woodley, Theo James, Zoe Kravitz, Maggie Q, Tony Goldwyn, Ashley Judd, Kate Winslet
Durasi: 139 Menit
Mulai Tayang : 20 Maret 2014

oleh: Yan Widjaya

CHICAGO tahun 2164, masyarakat dibagi menjadi lima faksi menurut kepribadian masing-masing semenjak usia 16. Sekali memilih dilarang beralih ke faksi lain. Lima faksi tersebut adalah Candor (jujur maka bekerja sebagai hakim, jaksa, pengacara), Erudite (pintar bekerja menjadi guru, ilmuwan, dokter, insinyur, pengusaha, ahli matematika), Amity (damai untuk para petani), Dauntles (berani hingga terpilih menjadi polisi, militer, penegak hukum), dan Abnegation (penolong bagi yang menjadi pekerja sosial termasuk pendeta). Malanglah nasib orang yang bukan termasuk salah satu faksi karena ia menjadi paria, manusia tanpa kasta. Namun gadis remaja Beatrice alias Tris saat ditest memiliki berbagai keunggulan faksi hingga masuk ke Divirgent.

Semula kelainan Tris dirahasiakan dan ia masuk ke faksi Dauntles untuk digembleng menjadi penjaga keamanan. Bersama seregu muda-mudi lain ia menjalani latihan berat menyerempet maut. Namun demi terungkap barang siapa dicurigai sebagai Divirgent akan dibunuh, Tris mulai bersikap. Ternyata seniornya, Four, juga Divergent. Setelah ayah-bundanya dibantai, Tris pun merintis perjuangan menentang kelaliman!

Tak dapat dipungkiri sukses luar biasa Hunger Games membuat para sineas memburu cerita-cerita serupa. Dan memang Divirgents ini diangkat dari novel berjudul sama karya Veronica Roth. Bukunya sudah menjadi bestsellers dan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Setidaknya jutaan pembacanya diharapkan berminat untuk menonton filmnya dan membandingkannya dengan bukunya.

Sutradara muda Neil Burger mendapuk Shailene Woodley menjadi Tris, usia aktris muda ini memang baru 23 (akankah Shai menggeser Jennifer Lawrence?). Pasangannya Four diperani oleh Theo James (30). Bintang muda berkulit hitam ZoŽ Kravitz sebagai Christina, sahabat Tris. Sedangkan bintang Hong Kong, Maggie Q memerani Tori, saingan Tris saat menjalani latihan menjadi pasukan Dauntles baru. Aktor dan aktris senior Tony Goldwyn dan Ashley Judd berperan sebagai ortu Tris yang menyimpan rahasia besar. Sedangkan aktris Inggris popular Kate Winslet yang saat syuting tengah hamil lima bulan menjadi sang pengawas kejam Jeanine (inilah pengalaman pertama sang aktris Titanic memerani tokoh antagonis).

Lokasi film memang asli di Chicago, hanya untuk melukiskan kondisinya 150 tahun kemudian maka sebagian terbesar dibuat di Cinespace Chicago Film Studios, selama dua bulan dari April sampai dengan Juni 2013.

Cerita belum berakhir, malah boleh dibilang baru dimulai, jadi seperti Hunger Games juga akan dibuat trilogi sesuai dengan fiksi kreasi Roth. Sequelnya, Insurgent, disiapkan untuk main 20 Maret 2015, lantas film ketiga, Allegiant, dirancang rilis 18 Maret 2016. Namun pengarahan beralih dari tangan Nel Burger ke Robert Schwentke. Lihat, perfilman Hollywood sudah merencanakan begitu serius pembuatan film-film yang akan datang dan memulai promosinya semenjak dua-tiga tahun sebelumnya!

Laporan box office dari perbioskopan Amerika yang menayangkan berbareng dengan Indonesia kemarin, tiket terjual melampaui setengah jumlah kursi di setiap gedung, melampaui sukses penjualan hari pertama film Twilight (2008). Bujet pembuatan filmnya yang semula dicadangkan Summit Entertainment hanya 40 juta dollar ternyata kemudian melambung dua kali lipat, untungnya mendapat suntikan modal dari Lionsgate hingga menjadi 80 juta dollar! *** YaWi

Nilai: 65

Review oleh:  Yan Widjaya, seorang wartawan film senior, pengulas, penulis, dan novelis.

Twitter @yan_widjaya