HOME SINEAS KABAR



     

OLD BOY

Siapa Dalang yang Menyekapku Selama 20 Tahun?
Produksi : Film Districk, Good Universe
Sutradara : Spike Lee
Para Pemain: Josh Brolin, Samuel L. Jackson, Elizabeth Olsen, Sharlto Copley, Michael Imperioli, Linda Emond
Durasi: 104 Menit
Mulai Tayang : 29 Agustus 2014

oleh: Yan Widjaya

TAHUN 1993, Joe Doucett, lelaki kasar pemberani yang menjadi eksekutif periklanan. Ia mengabaikan Edwina mantan istrinya, ultah putrinya Mia yang ketiga, dan merayu pacar kliennya hingga kontrak besar batal. Saking frustrasi ia mabuk dan setelah bertemu seorang wanita misterius berpayung kuning ia tak sadarkan diri. Tahu-tahu terbangun dalam kamar yang merupakan penjaranya selama bertahun-tahun! Dari teve dilihatnya berita pembunuhan terhadap Edwina, dengan bukti-bukti kuat dirinya sebagai pelaku, lalu Mia diasuh keluarga baik-baik. Joe sama sekali tak tahu mengapa apa motivasi ia disekap, sampai mendadak ia terbangun dalam peti di lapangan dan bebas pada tahun 2013

Dengan rasa penasaran meluap, Joe yang cerdas, cerdik, dan jagoan ini mulai melacak siapa dalang penyekapnya. Ia berhasil mengungkap siapa sipir penguasa penjara namun tak mendapat informasi berarti. Misi lainnya mencari Mia, putrinya yang hilang. Sahabat lamanya, Chucky, membantunya, juga gadis pekerja sosial Marie yang bersimpati padanya kendati berlatar belakang gelap. Sedikit demi sedikit terungkap siapa sang dalang yang ternyata sangat kaya. Uniknya sang dalang dikawal cewek jagoan Haeng-Bok yang dulu memancingnya. Bahkan Joe ditantang dalam tempo 48 jam mesti membongkar siapa sebenarnya dan apa motivasinya dengan imbalan berlian 20 juta dollar plus jiwa sang dalang! Maka terjadilah sebuah tragedi yang sama sekali di luar dugaan Joe, dan tentu saja semua penonton!

Sesungguhnya film ini ulang buat film KorSel (pemenang Grand Prix Festival Cannes 2004) karya Park Chan-wook yang dibintangi aktor watak Choi Min-sik dan diangkat dari manga (komik Jepang) berjudul sama kreasi Nobuaki Minegishi dan Garon Tsuchiya. Toh ceritanya mengingatkan pada novel klasik Count of Monte Cristo karya Alexandre Dumas.

Penggubahanya Spike Lee bukan sineas sembarang, sudah membuat 59 film, termasuk Malcolm X dan Inside Man. Begitupun pemeran utamanya, aktor gempal Josh Brolin (46) sudah bermain 57 film dan sering berperan jadi polisi atau sebaliknya gangster. Tapi baru kini didapuk sebagai pemeran utama yang malang melintang dengan mengesankan. Bersenjata martil, Joe mampu memorak-porandakan belasan tukang pukul. Tandangnya mengingatkan pada Harmer Girl yang diperani Julie Estelle dalam The Raid 2: Berandal.

Sayang ternyata film misteri thriller suspense pelik yang memaksa penonton terus berpikir sepanjang film, kurang mendapat sambutan, hanya meraih $ 5 juta (padahal film Koreanya, $ 15 juta, karena sejujurnya memang lebih baik daripada duplikatnya yang tidak jelek ini).

Belakangan memang makin banyak saja remake film Asia oleh sineas Hollywood, hakekatnya ini bukan hal baru karena sejak Akira Kurosawa menggemparkan dunia lewat Seven Samurai (1954), lalu dikoboikan oleh John Sturges menjadi Magnificent Seven (1960), sampai Martin Scorsese bikin The Departed (2006) berdasarkan film Mandarin Infernal Affairs (2002) kreasi Andrew Lau dan Alan Mak, sudah puluhan film Asia dibuat ulang. Sayang sekali Jelangkung yang sudah dibeli right skenarionya, sampai sekarang bagai dilupakan, kemungkinan malah The Raid yang lebih dulu akan dibuat. *** YaWi.

Nilai: 75

Review oleh:  Yan Widjaya, seorang wartawan film senior, pengulas, penulis, dan novelis.

Twitter @yan_widjaya