HOME SINEAS KABAR



     

99 % MUHRIM GET MARRIED 5

Berawal Kawin Gantung Berujung Tekad Berhijab
Produksi : Star Vision
Sutradara : Fajar Bustomi
Para Pemain: Nirina Zubir, Nino Fernandez, Ricky Harun, Anggika Bolsterli, Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Ira Wibowo, Amink, Fathir Muchtar, Imam Darto, Dimas Danang, Kemal Palevi, Pandji Pragiwaksono, Donna Harun, Joe P Project, Diky Chandra
Durasi: 95 Menit
Mulai Tayang : 30 Juli 2015

oleh: Yan Widjaya

MAE punya segalanya, suami tampan sukses yang mencintainya, tiga anak kembar yang lucu-lucu, rumah dan mobil mewah, begitu sempurna, apa lagi yang kurang dalam hidupnya? Sampai tiba-tiba ibunya ditimpa musibah hingga terkapar di Rumah Sakit, barulah Mae sadar, dirinya tak mampu berdoa, berbeda dengan ketiga anaknya yang telah belajar membaca Surat Yasin. Satu-satunya yang belum dimiliki Mae adalah iman!

Berbareng iparnya, Sophie, juga mendapat pencerahan. Demi menghindari kawin gantungnya dengan Jali (penutup cerita film lalu, ia mulai berhijab. Perubahan Sophie yang pernah ingin nikah muda dengan pemuda Korea ini menerbitkan kehebohan, terutama dari Mami yang panik tak juntrungan. Istilah 99 % Muhrim pun tercetus dari mulut Sophie pada Jali karena kawin gantung dan nikah sirih sejatinya belum seratus persen sah sebagai muhrim. Alih-alih menasihati Mae malah ikut berjilbab. Ketika Rendy mendadak berzikir, giliran karyawan kantornya heboh menduga perusahaan akan bangkrut!

Semua isu yang terjadi dalam keluarga besar Mae itulah yang disuguhkan dalam franchise ini, lagi pula semua karakter sudah familiar dengan penonton karena dua tahun sekali ditayangkan untuk menyambut Idul Fitri (hanya kali ini produser Chand Parwez Servia mengalah pada empat film lain dan menerima jatah dua minggu setelah Lebaran).

Dari barisan pemain; Nirina bersama Meriam Bellina-Jaja Mihardja tetap memerani Mae dan ayah-bundanya, juga Ira Wibowo tetap jadi mertuanya. Justru suaminya bergantian diperani Richard Kevin, Fedi Nuril, dan Nino Fernandez yang tiga kali memerani Rendy. Begitu pula adik Rendy, Sophie, dari Kimberly Ryder ke Tatjana Saphira dan kini pendatang baru Anggika Bolsterli. Trio sobat Mae yang dimainkan Ringgo Agus Rahman, Desta, dan Amink, kini cuma yang terakhir yang nongol. Ricky Harun melanjutkan peran si Jali. Diramaikan lagi oleh seabreg wajah tenar baik memerani tokoh serius maupun konyol.

Pengarahan beralih ke tangan Fajar Bustomi (astrada film pertama yang digarap Hanung Bramantyo) yang berhasil mengarahkan seantero pemain memenuhi porsinya bermain komedi-religi (istilah baru lagi!). Yang tetap konstan penulis skenario Cassandra Massardi, dan Penata Musik Slank yang menghadirkan 13 cuplikan lagunya.

Dalam sejarah perfilman lokal, baru Catatan Si Boy yang pernah dibuat sampai lima, hingga kini prestasi tersebut tersaingi. Perihal kesuksesannya, lihat catatan Box Office berikut: Get Married/2007 meraih 1,4 juta penonton, yang ke-2/2009 dengan 1,2 juta orang, yang ke-3/2011 masih 600.000 orang, dan Get M4rried/2013 bikin tertawa 300.000 orang. Memang jumlahnya kian menurun dari tahun ke tahun, toh masih tetap menguntungkan dibanding menjajal cerita baru. Semoga yang ke-5 minimal menyamai, jadi ibarat angsa bertelur emas janganlah disembelih, masih boleh ditunggu sequelnya. Karena Mae ingin menemukan kebahagiaan di dunia dan akherat, lalu kenapa tidak untuk Get Married 6, ia memboyong seantero keluarganya rame-rame naik haji ke Mekkah? Barulah seusainya bak dongeng Upik Abu Cinderella Mae mencapai happily ever after *** YaWi

Nilai: 70

Review oleh:  Yan Widjaya, seorang wartawan film senior, pengulas, penulis, dan novelis.

Twitter @yan_widjaya