HOME SINEAS KABAR



     

STAR WARS: THE FORCE AWAKENS

Mencari Luke Skywalker, Menemukan Anak Durhaka

Produksi : Maxima Pictures
Sutradara : J.J. Abrams
Para Pemain :
John Boyega, Daisy Ridley, Adam Driver, Oscar Isaac,
Harrison Ford, Carrie Fisher, Mark Hamill,
Anthony Daniels, Peter Mayhew, Max Von Sydow
Durasi : 137 Menit
Mulai Tayang : 18 Desember 2015

oleh: Yan Widjaya

FAR, FAR AWAY., nun di galaksi jauh di sana tengah berkecamuk perang bintang antara para pejuang Republik melawan kekuasaan kaisar lalim. Para pejuang dipimpin Putri Leia Organa dan saudara kembarnya, Luke Skywalker, serta jagoan petualang antariksa Han Solo didampingi co-pilot Chewbacca dengan pesawat Millennium Falcon yang melebihi kepesatan cahaya, plus dua robot cerdas, C-3PO (bacanya: See-Tri-Pio) dan R2D2 (Artoo-Detoo) yang serba tahu kecuali bertarung.

Dongeng kang-ouw (dunia persilatan) yang bersetting antariksa ini dirancang George Lucas menjadi tiga trilogi (sembilan film). Uniknya diawali dari Episode IV: A New Hope (1977), Episode V: The Empire Strikes Back (1980), dan Episode VI: Return of the Jedi (1983). Belasan tahun kemudian baru terbit prequelnya Episode I: The Phantom Menace (1999), Episode II: Attack of the Clones (2002), dan Episode III: Revenge of the Sith (2005). Lantas tepat satu dekade berikutnya, Episode VII ini, mengawali tiga film Trilogi Pemungkas.

Penanganan telah beralih dari Lucas (72) ke J.J. Abrams (50) yang sukses menyutradarai Mission:Impossible III (2006) dan Star Trek (2009). Toh Abrams sudah bekerja sama dengan Lawrence Kasdan untuk menulis skenario Episode V dan VI. Maka pakem dan alur cerita Episode VII sangat similar dengan Episode IV, namun dibalik total (misal dulu si Jedi muda adalah pemuda Luke, sebaliknya kini sang calon Jedi justru gadis Rey). Sedangkan musik tetap ditata komposer legendaris John Williams.

Para pemain utama Trilogi Kedua; Harrison Ford (yang honornya termahal, $ 20 juta), Carrie Fisher, dan Mark Hamill, tampil lagi didampingi para mitra lawas; Peter Mayhew (sebagai Chewbacca) dan Anthony Daniels, sang robot C-3PO.

Para tokoh anyar dimainkan bintang-bintang muda baru dengan honor berkisar ratusan ribu dollar saja (namun jelas akan naik drastis!); John Boyega, Daisy Ridley, Adam Driver, dan Oscar Isaac. Uniknya tiga bintang laga kita ikut tampil; Yayan Ruhian, Iko Uwais, dan Cecep Arif Rahman, sebagai Tasu Leech, Razoo Qin-Fee, dan Crokind Shand, tiga jagoan kriminil Kanjiklub Gang.

Berlatar tiga puluh tahun setelah kemenangan gemilang pihak Republik pada akhir Episode VI. Dikisahkan di planet gersang Jakku hiduplah Rey, gadis pemulung yang menemukan robot BB-8. Di dalam robot bulat inilah tersimpan peta rahasia tempat Luke Skywalker bertapa. Semula BB-8 dibawa pilot Poe Dameron tapi serangan pasukan Stormtrooper First Order meruntuhkan pesawatnya. Justru seorang anggota Stormtrooper, Finn, yatim-piatu yang tak jelas asal-usulnya, membelot dan berbalik memihak pada Poe serta Rey.

Tiba-tiba saja mereka bertemu Han Solo dan Chewie yang tengah melacak pesawat Falcon. Solo tetap dengan kostumnya, hanya telah beruban, padahal hakekatnya setelah menikahi Leia, martabatnya setara Pangeran. Selain mencari Luke yang lama raib, Solo juga mengemban permohonan Leia untuk menyadarkan putra mereka, Ben, yang malih-rupa Kylo Ren, penerus kesesatan kakeknya, Darth Vader! Bukannya insyaf justru Ben tega menjadi anak durhaka. Mau tak mau Luke Skywalker mesti turun planet atau mewariskan jurus pemungkas ilmu pedang sinar pada murid baru untuk melawan murid murtadnya!

Perlu diketahui juga karena Disney telah membeli kreasi Lucas ini sejak Oktober 2012, maka akan muncul film-film sempalan seperti Rogue One: A Star Wars Story (2016) dan Star Wars Anthology: Han Solo (2018).

Bujet pembuatan Episode VII diperkirakan $ 200 juta, namun dalam tempo dua pekan sudah mengeruk $ 1,7 M (masih terus bertambah), hingga mepet ke Film Terlaris Sepanjang Masa di Dunia Pertama, Avatar ($ 2,788 M) dan Kedua, Titanic ($ 2,186 M).

Sequel langsungnya, Episode VIII dirancang rilis akhir 2017, serta Episode Penutup pada 2019. Semoga semuanya bisa kita saksikan selengkapnya karena baru pada epilog terakhir terungkap apa sebenarnya inti dan pesan film luar biasa ini. May the Force with us! *** YaWi
Nilai: 80

Review oleh:  Yan Widjaya, seorang wartawan film senior, pengulas, penulis, dan novelis.

Twitter @yan_widjaya