HOME SINEAS KABAR



     

Dumbo

Si Gajah Terbang Menjadi Nyata”
Produksi : Walt Disney Pictures, Tim Burton Productions, Infinite Detective Productions, Secret Machine Entertainment
Distributor : Walt Disney Studios Motion Pictures
Sutradara : Tim Burton
Pemain : Colin Farrell, Michael Keaton, Danny DeVito, Eva Green, Alan Arkin
Durasi : 112 menit

Film ini menceritakan tentang Dumbo yang lahir dengan telinga yang lebar yang dapat membuatnya terbang. Dumbo lahir di dunia sirkus. Film ini menceritakan perjalanannya menemukan rumah yang sbeneranya dan menerima dirinya. Diangkat dari film animasi Disney di tahun Dumbo yang diangkat dari cerita Dumbo karya Helen Aberson dan Harold Pearl. Colin Farrell berperan sebagai Holt Farrier; mantan penunggang kuda sirkussedangkan Michael Keaton berperan sebagai V.A. Vandevere. Danny DeVito sebagai Max Medici dan Eva Green sebagai Colette Marchant; seorang seniman trapeze Perancis. Sedangkan Dumbo dibuat dengan animasi CGI dengan seniman performa yang mengikuti gerakan binatang; Edd Osmond yang menggunakan setelan baju berwarna hijau yang hasilnya diberikan oleh Burton kepada tim animasi. Film ini lebih berwarna dibandingkan film karya Tim Burton lainnya. Melihat trailer film ini, ekspektasi cukup tinggi. Namun, ternyata film ini biasa saja. Tidak ada banyak percikan yang dapat membuat film ini mudah diingat. Film ini sempurna untuk ditonton dengan seluruh keluarga namun tidak akan ada di dalam daftar film terbaik banyak orang.

Hal terbaik dalam film ini adalah saat Dumbo terbang. Hal ini membawa imajinasi kita ke level yang berbeda. Tepuk tangan kepada seluruh timanimasi. Animasi CGI Dumbo tak dapat diekspresikan dengan kata-kata. Dumbo diperlihatkan seperti benar- benar hidup dengan mata yang dalam yang dapat menunjukkan perasaannya. Eva Green memberikan performa yang baik sebagai Collete dan apresiasi perlu diberikan kepada Nico Parker yang berperan sebagai Milly Farrier; bintang dimasa depan. Karakter Milly dan Holt (Finley Hobbins) memberikan tambahan warna dalam film ini. Film ini diharapkan dapat sukses di box office namun ternyata hasilnya tidak terlalu sukses. Satu poin yang menggangu dalam film ini adalah bagaimana sirkus menyakita para binatang yang agak kurang nyaman untuk disaksikan, meskipun faktanya tidak ada binatang yang disakiti dalam film ini.

Pesan dalam film ini cukup bagus yaitu mencari rumahmu dan menerima dirimu apa adanya seunik apapun itu dan mendengar kata-kata ini dari karakter Milly dan Holt sangatlah baik. Film ini dapat menjadi film yang lebih berarti dan lebih banyaknya adegan yang dapat memperdalam film ini atau mungkin ekspektasinya saja yang terllau tinggi.

(Anna Rose)

Poin: 80

Review oleh:  Anna Rose seorang pengamat film