HOME SINEAS REVIEW



     

Sineas Indonesia Aktris Terbaik Asia Pertama

 di MIFF Lewat Film Tentang Autis

Film Iím Star sekali lagi menghantarkan Natasha Dematra meraih gelar Aktris Terbaik. Setelah menjadi Aktris Terbaik dari DOF International Film Festival pada Februari 2016 lalu, Natasha kembali meraih gelar Aktris Terbaik dan kali ini, Mountain Film Festival memilih Natasha Dematra sebagai pemenang kategori Aktris Terbaik.

Festival yang telah berdiri selama 10 tahun tersebut juga menyatakan bahwa Natasha mengukir sejarah sebagai Aktris Asia Pertama yang meraih gelar Aktris Terbaik dalam festival bergengsi tersebut. Akting Natasha yang dianggap sangat menyentuh dan membuat orang percaya akan aktingnya menjadi alasan mengapa ia terpilih dari ratusan aktris yang ikut untuk memperebutkan gelar tersebut.

Natasha Dematra mengatakan, ďMeraih Gelar Aktris Terbaik dari festival ini merupakan sesuatu yang menyentuh hati. Sekali lagi, ini membuktikan bahwa akting tidak hanya menggunakan gestur atau mimik namun juga harus lewat hati.Ē ucap gadis yang telah meraih lebih dari 40 penghargaan dalam bidang akting tersebut.

Film Iím Star sendiri merupakan film yang disutradarai dan diproduseri oleh ayah Natasha, Damien Dematra yang diperankan langsung oleh remaja-remaja berkebutuhan khusus personel grup band IíM STAR: Arya, Abhy, Ervitha, dan Shinta. Film ini membawa pesan kuat bahwa tidak ada yang tidak mungkin.

Film yang menggunakan pengantar bahasa Inggris ini dibuat dengan tujuan sosial yang berkisah tentang perjuangan para remaja berkebutuhan khusus penyandang autis agar diterima di masyarakat dan bersekolah di sekolah biasa. Hal ini pun telah didukung Peraturan Menteri yang memberi kesempatan bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat diterima dan berbaur di sekolah biasa.

Penghargaan yang telah diraih film IíM STAR diantaranya; Grand Jury Award dari Colorado International Film Festival (Juara Umum); Awards of Excellence dalam kategori film cerita panjang (feature film) dan pemeran wanita utama (leading actress) untuk Natasha Dematra sebagai Mella, serta Awards of Merit dalam kategori penyutradaraan untuk Damien Dematra dari Accolade Global Film Competition, California, USA; Gold Award untuk Natasha Dematra (sebagai Mella) dalam kategori pemeran wanita utama dan Silver Award dalam kategori penyutradaraan untuk Damien Dematra dari International Independent Film Awards (IIFA) Los Angeles, USA. Di tahun 2013, I'M STAR meraih tiga penghargaan dari Indie Fest (2013) di USA, sebagai film cerita panjang terbaik dan aktris terbaik (Natasha Dematra), dan penulis skenario terbaik (Damien Dematra).

Di tanah air, I'M STAR terpilih sebagai salah satu film yang diputar dalam APEC Unthinkable Film Festival 2013 tanggal 3-5 Oktober 2013 untuk tayang bersama film-film lain dari negara-negara APEC. Film ini juga sempat diekshibisikan di pameran film MIPCOM di Cannes, Perancis, dan American Film Market (AFM) di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 2012 dan mencerahkan para guru setelah diputar di hadapan +/- 10.000 guru se-DKI Jakarta dari tingkat TK sampai dengan SMA pada Mei 2012 di Smesco Convention Hall. Personel grup musik IíM STAR (Arya, Abhy, Ervitha, dan Shinta) juga diterima dan tampil di hadapan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Istana Negara dalam peringatan Hari Peduli Autis Sedunia 2014.

Berita lain:
'Senyuman' Natasha Dematra Jadi Viral di Medsos
Natasha Dematra Raih 5 Nominasi di Festival Film Bergengsi di London
Sutradara Termuda di Dunia, Natasha Dematra, Raih Gelar Bangsawan
Natasha Dematra Akan Luncurkan Album Cinta Untuk Semua di Hari Toleransi Dunia
Natasha Dematra Raih Penghargaan Kemanusiaan dan Keberagaman di AS