HOME SINEAS REVIEW



     
Pidato Duta HAM Serukan Perdamaian

Duta Ham Natasha Dematra yang juga dikenal sebagai sutradara muda dan artis film, beberapa waktu yang lalu menyampaikan pidato kebudayaannya di Auditorium Radio Republik Indonesia dan dihadiri oleh ratusan aktifis HAM, sineas-sineas internasional dan wartawan. Dalam pidatonya Natasha memohon kepada generasi saat ini untuk tidak mewariskan perang, kekerasan dan kebencian kepada generasi berikutnya. Demikian isi lengkap pidato gadis berusia 17 tahun yang sangat peduli dengan isu-isu kemanusiaan ini:

Kita semua berkumpul disini atas nama kemanusiaan. Saya berdiri disini hari ini untuk berbicara atas nama kakak dan adik-adik saya yang menderita karena pelanggaran HAM. Seperti yang telah anda dengar dari berita, pada tanggal 14 Januari, Jakarta, diserang teroris. Mereka menyerang Jakarta di jalanan utamanya. Untungnya, beberapa polisi terbaik kita sedang ada disana. Mereka kaget, namun berhasil menanganinya dengan baik. Tapi sulit untuk dibayangkan dan turut berduka cita karena negeri kami kehilangan empat manusia tak bersalah dari serangan tersebut dan empat teroris terbunuh. Namun banyak yang terluka dan beberapa masih dalam koma.

Semua serangan ini, membuat saya sampai kepada satu kesimpulan bahwa kita semua sedang dalam krisis perdamaian dan kemanusiaan. Kita ada di dunia, dimana mengacungkan pistol kepada sesama adalah hal yang sangat mudah. Lalu, apa yang dirasakan generasi muda tentang dunia kita sekarang ini? Kita tidak merasa aman dengan serangan-serangan ini. Kita merasa sedih dengan serangan-serangan ini. Kita bertanya kepada diri kita setiap hari, kenapa hal-hal seperti ini terjadi? Kenapa kita saling membunuh? Kenapa mudah sekali membunuh sesama hanya dalam beberapa menit? Dan kenapa kita semua tidak bisa hidup bersama dalam damai?
Jadi, hari ini saya telah memutuskan untuk meminta kepada semua orang yang terlibat dalam serangan-serangan ini.

Saya mohon, atas nama kakak dan adik-adik saya, terutama generasi muda di luar sana. Tolong, jangan tinggalkan generasi kami, sebuah generasi perang, generasi pembenci dan generasi kekerasan.
Kami mohon, tolong jangan membuat generasi kami harus melanjutkan perang yang kalian berikan kepada kami, sekarang.
Kami mohon, tolong berikan kami sebuah kehidupan yang pantas dan sebuah dunia dimana kami bisa menjalankan takdir kami dengan tenang.

Karena adalah Hak Asasi kami untuk hidup dalam dunia yang damai.
Saya berharap, untuk melihat hidup saya sepuluh tahun kedepan akan menjadi hidup yang penuh damai, cinta dan kebebasan. Saya berharap, untuk melihat kehidupan generasi muda sekarang, dalam sepuluh tahun kedepan dapat hidup dengan tenang tanpa takut akan serangan saat sedang berjalan di jalanan.
Saya berharap, untuk melihat kehidupan anak-anak saya kelak, dapat melewati masa kecilnya dengan bahagia tanpa perlu melihat peperangan disekitarnya.

Maka, mari kita berhenti sekarang. Mari kita berhenti mengacungkan pistol kepada sesama dan mulai mencintai.
Mari kita berhenti sekarang. Mari kita berhenti menge-bom dan mulai memberi.
Maka, mari kita mulai menerima sesama tidak dari warna kulitnya, ras mereka, gender mereka namun lewat karakter mereka.
Mari kita mulai membuka mata kita dan melihat bahwa kita semua adalah keluarga dibawah satu Tuhan.
Karena bila bukan kita, generasi kalian, generasiku, lalu siapa? Bila tidak sekarang, mulai detik ini, lalu kapan?

Terimakasih banyak.

Berita lain:
Pengumuman Nominasi World Documentary Awards Jakarta
People of Nowhere Berjaya di Festival Film HAM di Jakarta
Album Perdamaian One Love Diluncurkan di Hari Perdamaian Sedunia oleh Para Selebritis Dunia
Bintang Film Star Trek Sambangi Festival Film Perdamaian di Jakarta
Dennis Rodman Raih Humanitarian Special Award di WHA
Peraih Nobel Perdamaian Adolfo Pérez Esquivel Raih Humanitarian Man of The Year 2015 di WHA Jakarta
Sederet Bintang Hollywood Robin Shou, Andy Garcia, Leonardo DiCaprio, Alice Krige, David Foster Raih Penghargaan di Festival Film di Jakarta
Andy García Raih Penghargaan Khusus di IFFPIE 2015
Presiden AS Jimmy Carter Man of Inspiration IFFPIE 2015 di Jakarta
Phil Collins, David Foster, dan Sederet Selebritis Dunia Raih Penghargan di IFCOM Jakarta
Natasha Dematra Lewat Dream Obama Raih Penghargaan Gold Award Artis Terbaik di Los Angeles
Sineas-Sineas Mancanegara Dilantik Jadi Duta Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Festival Film di Jakarta