HOME SINEAS REVIEW



     
Film Escapes dan The Golds Juarai
International Performing Arts and Movie Awards (IPAMA) 2015
 

(Jakarta, 22/11/15) Pemenang film terbaik International Performing Arts and Movie Awards (IPAMA) 2015, sebuah festival film berskala internasional, diumumkan di Auditorium Radio Republik Indonesia (RRI) tanggal 16 November, bertepatan dengan Hari Toleransi Sedunia. IPAMA memilih dua film sebagai pemenang utama festival tahun ini. Film dari Spanyol besutan sutradara wanita Mercedes Gaspar, Escapes (Huidas) dalam kategori umum, dan The Golds, besutan sutradara wanita Sue Healey dari Australia dalam kategori Performing Arts.

Escapes dipilih menjadi film terbaik karena ceritanya yang unik, ditunjang dengan sinematografi yang menunjukkan kelas pemenang. Escape berkisah tentang seorang wanita bernama China yang menerima kabar buruk tentang kematian ayahnya di tengah-tengah kesuksesan karir. Berita itu sangat memukulnya. Ia terpuruk dan berusaha melarikan diri dari kehidupan nyata. Kehancuran yang kemudian malah mengikutinya dalam pelarian membuatnya kemudian sadar, bahwa melarikan diri bukanlah jawaban dari pergulatan batinnya.

Film The Golds yang menjadi pemenang dalam kategori Performing Arts membuktikan sekaligus memberi inspirasi bahwa usia lanjut bukan halangan untuk terus menari, berkarya, dan menjadi pelaku seni. Keindahan performa ini dibawakan oleh kelompok penari usia lanjut dari Canberra, Australia yang bernama The Gold (singkatan dari Growing Old Disgracefully). Untuk bergabung dengan kelompok The Gold, seseorang tidak harus menjadi seorang penari profesional sebelumnya. Film yang banyak diwarnai unsur emas yang dikontraskan dengan warna hitam, dan juga tari-tarian di alam ini dibuat dengan koreografi unik, artistik, dan memukau.

Film Escapes dan The Golds akan diputar di Jakarta dalam bulan November ini. Menurut pihak festival IPAMA, pemilihan pemenang ini merupakan tantangan tersendiri karena banyaknya film berkualitas yang menjadi nominasi pemenang film terbaik.

IPAMA bekerja sama dengan partner-partner festival internasional lainnya yaitu International Film Festival for Spirituality, Religion, and Visionary (IFFSRV), Filmmakers Of The Year Film Festival (FOTY), International Student and Newcomer (ISENMA) dan diselenggarakan oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR), iHebat International Volunteers, Universitas Indonesia, Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA), World Film Council, beberapa SMA Negeri dan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media partner dan penyelenggara.

Berita lain:
Sineas-Sineas WHA dan IFFPIE Transfer Ilmu di Kemenpora
Film Arab “Ailia" Juarai Festival Perdamaian IFFPIE 2015 di Jakarta tepat di Hari Perdamaian Sedunia
Album Perdamaian One Love Diluncurkan di Hari Perdamaian Sedunia oleh Para Selebritis Dunia
Bintang Film Star Trek Sambangi Festival Film Perdamaian di Jakarta
Dennis Rodman Raih Humanitarian Special Award di WHA
Peraih Nobel Perdamaian Adolfo Pérez Esquivel Raih Humanitarian Man of The Year 2015 di WHA Jakarta
Sederet Bintang Hollywood Robin Shou, Andy Garcia, Leonardo DiCaprio, Alice Krige, David Foster Raih Penghargaan di Festival Film di Jakarta
Andy García Raih Penghargaan Khusus di IFFPIE 2015
Presiden AS Jimmy Carter Man of Inspiration IFFPIE 2015 di Jakarta
Phil Collins, David Foster, dan Sederet Selebritis Dunia Raih Penghargan di IFCOM Jakarta
Natasha Dematra Lewat Dream Obama Raih Penghargaan Gold Award Artis Terbaik di Los Angeles
Sineas-Sineas Mancanegara Dilantik Jadi Duta Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Festival Film di Jakarta