HOME SINEAS REVIEW



     
Film Indonesia Raih Penghargaan Film Cerita Terbaik di Alaska, USA

(Jakarta, 28/08) Berbagai penghargaan terus diraih film horor produksi dalam negeri, Letís Play, Ghost, besutan sutradara Damien Dematra. Salah satu yang terkini adalah melalui kemenangan terbarunya di Alaska International Film Awards, Alaska, USA, sebagai Film Cerita Terbaik (Best Narrative Feature).

Film LPG yang juga debut Dorce Gamalama sebagai Executive Producer, sudah melanglang buana di berbagai belahan dunia dan diputar sampai ke pelosok Amerika Serikat. Namun, film ini masih belum mendapat tempat di negeri sendiri, dan walaupun sudah antri lebih dari satu tahun, tetap belum dapat jam tayang di bioskop. Apakah nasib film ini hanya akan menjadi sebuah film dengan deretan panjang penghargaan internasional tanpa pernah benar-benar dinikmati pecinta film di tanah air? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Alaska International Film Awards yang telah berlangsung lima tahun ini, menilai bahwa film LPG memiliki orisinalitas, inovatif, dan kreatifitas tinggi, yang dibuat dengan visi dan proses seni yang mumpuni. Film horor tentang lima sekawan yang seyogyanya menghabiskan liburan di vila pegunungan terpencil, malahan dipaksa menghabiskan sisa hidup mereka di sana sebagai mainan hantu perempuan cilik yang penasaran. Sekalipun bergenre horor yang penuh adegan seram dan mengejutkan, film ini memberi sebuah akhir yang mengharu-biru, yang mempertegas misi sang sutradara tentang konsep perdamaian lintas dimensi.

Berbagai prestasi yang diraih LPG, dalam tahun ini adalah dari Accolade Competition, San Diego, California, Amerika Serikat bulan Mei 214 lalu. Festival ini memberikan Award of Excellence untuk sutradara Damien Dematra, Award of Merit untuk kategori film panjang, Natasha Dematra sebagai pemeran utama, dan Irene Christina dan Virda Anggraini sebagai editor. Dalam bulan yang sama, St. Tropez International Film Festival, Perancis, memberikan nominasi Best Directing of a Foreign Language Feature Film (Sutradara Damien Dematra), Best Foreign Language Film, dan Best Director of a Foreign Language Film (Sutradara Damien Dematra). Madrid International Film Festival, di Spanyol, pada bulan Maret 2014 mencalonkan LPG sebagai unggulan dalam kategori Best Film, Best Director (Damien Dematra), Best Producer of a Feature Film (Damien Dematra), Best Feature Film, dan Best Supporting Actress (Kayla Atilla).

Tahun 2013 lalu, Nevada International Film Festival, Las Vegas, Amerika Serikat memberikan penghargaan Gold Reel Award 2013 dalam kategori Best Feature Film, dan Indie Fest Film Festival, California, USA memberikan 5 penghargaan: Award of Excellence dalam Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik (Damien Dematra), Pemeran Utama terbaik (Natasha Dematra); dan Award of Merit dalam kategori Cinematography (Damien Dematra) dan Editing (Irene Christina dan Virda Anggraini).

Berita lain:
Film Horor Indonesia Berjaya di Perancis
Film Kazakhstan dan India Juarai International Film Festival di Jakarta
Damien Dematra keringat dingin atas insiden ini, Dorce Gamalam Kabur Saat Shooting dengan Mobil Jeep
Film Pakistan dan Korea Utara Terbaik di IFFPIE 2013
DEWI PERSSIK JUAL DIRI HAMPIR 100 JUTA RUPIAH